Lurah dan Camat Perlu Cek Kesiapan Pompa Air

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Asisten Pemerintahan (Aspem) Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Bambang Sugiyono menginstruksikan camat dan lurah untuk memeriksa kesiapan pompa air di wilayah masing-masing.


Dikatakan Bambang, pompa air punya peran sangat vital dalam penanggulangan banjir di Jakarta. Sebab, saluran air yang lancar juga harus didukung dengan pompa air yang berfungsi baik.


"Harus dicek kondisi pompa air itu prima atau tidak, termasuk keberadaan petugas. Jangan sampai pompa mati atau rusak tidak diketahui," ujar Bambang, di Balai Kota DKI Jakarta


Dijelaskannya, seluruh apartur yang memiliki tugas, pokok ,dan fungsi pengendali banjir juga perlu bersinergi. Bukan hanya Dinas Sumber Daya Air, tetapi juga BPBD, Dinas Gulkarmat, Dinas Sosial, termasuk petugas PPSU.


"Kalau terjadi sesuatu itu dia sudah standby. Termasuk, petugas PPSU dan itu pasukannya ribuan," terangnya.


Bambang menambahkan, sudah seharusnya aparatur bergerak cepat tanpa menunggu instruksi. Bukan hanya penanganan, tapi langkah antisipatif sudah dilakukan sebagai tanggung jawab kewilayahan.


"Tidak kalah penting, warga juga harus diberi pemahaman untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mendirikan bangunan di daerah aliran air," tandasnya.(pr/kj/al)